Bukan Sekedar Untuk Dikenang


Bukan Sekedar Untuk Dikenang

” Prayoga Ismail “

Sejatinya, Tuhan memang telah menciptakan seorang makhluk yang tiada duanya. Adalah seseorang yang telah membuat hidup kita menjadi lebih hidup, dan seseorang yang rela memberikan hidupnya untuk kita. Inilah hal sesungguhnya yang membuat mereka memiliki keistimewaan yang bisa kita sebut sebagai “wOmenpOwer”. Untuk itulah, kita harus menjaga keistimewaan mereka agar tetap hidup sepanjang masa, seperti kasih dan sayang yang mereka ulurkan sepanjang usia. Sudahkah kita berbangga kepada mereka ? Mereka yang selalu mengucapkan “aku bangga kepadamu” untuk kita. Siapakah mereka ? Ialah perempuan. Siapapun mereka dan semua kaumnya adalah orang-orang yang memiliki jiwa abadi the “wOmenpOwer”. Namun, tahukah Anda ? Sebelum seorang perempuan perkasa dari Mayong Jepara memperjuangkan emansipasi kaumnya, keistimewaan perempuan tak dianggap.

Raden Ajeng Kartini, adalah seseorang dari kaum mereka. Ialah seorang perempuan berdarah biru yang benar-benar memperjuangkan emansipasi, harkat dan martabat perempuan yang tertindas ketidakadilan menjadi keutuhan yang seadil-adilnya. Perkasa! Dari tekad inilah, beliau bercita-cita agar perempuan bisa mengenyam segala hak-hak yang semestinya bisa dirasakan seperti halnya kaum laki-laki. Berangkat dari sebuah gubuk sekolah yang dibangunnya buat kaum perempuan, ia berharap besar kaumnya bisa mencicipi pendidikan setinggi pendidikan kaum inversnya. Semenjak itu, ia berjuang dengan berbagai upaya dan sepenuh jiwanya agar hak kaum perempuan benar-benar setara dengan hak kaum pria. Ia mampu menggugah kaumnya dari belenggu diskriminasi.

Dan perjuangan hidup Kartini pun harus berakhir di usianya ke-25. Ia meninggal di usia muda. Akan tetapi, perjuangan the “wOmenpOwer” belumlah berakhir. Jasa-jasanya bukan sekedar untuk dikenang. Namun juga, harus kita lanjutkan berjuang bersama. Menumpas ketertindasan dan ketidakadilan kaum perempuan yang masih tersisa. Untuk semua perempuan Indonesia, jadikanlah jiwamu perkasa seperti R.A. Kartini, jadikanlah dirimu istimewa di dunia ini, walaupun parasmu lemah lembut, tapi yakinlah karena di dalam dirimu tersimpan the “wOmenpOwer” yang diwariskan oleh Kartini untuk seluruh kaum perempuan. Tak cukup 21 April saja kita membanggai jasa-jasanya. Untuk selamanyalah keistimewaan itu kita buktikan dan untuk sepanjang masa kita baktikan.

” Kupersembahkan untuk seluruh perempuan Indonesia “

Opera Writing Competition, #wOmenpOwer 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s